Kamis, 01 Maret 2012

kalimat deskriptif

Paragraf Deskripsi
Deskripsi adalah salah satu jenis karangan yang melukiskan suatu objek sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, merasakan, mencium secara imajinatif apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dicium oleh penulis tentang objek yang dimaksud.
Contoh
Gadis kecil itu. Ia terus memandangi lautan yang biru. Gulungan riak-riak kecil tak
membuatnya bergeming. Hembusan hawa pantai nan panas, tak membuat matanya
beralih dari laut. Air pantai terus menyapu lembut kulit kakinya. Deburan suara ombak mengisiki telinganya. Hari itu langit tak berawan. Ia terus memandangi laut. Laut
yang semakin biru sampai ambang cakrawala.Ia memandangi nelayan yang tengah
menepi. Memandangi pulau kecil nan jauh di seberang sana. Ia benci laut!
Gadis itu benci laut, karena di sanalah kedua orang tuanya meninggal.


Deskripsi dapat terbagi atas dua bentuk:
1. Deskripsi sastra
2. Deskripsi teknis

Contoh deskripsi sastra:
Toga Sibanganding

Murid-murid sekolah melambai-lambai kepada kami sambil berteriak-teriak. Senang melihat kami yang sedang terbang di atas mereka. Kami balas lambaian itu, mungkin dilihat mereka karena terbang rendah. Dua kali melingkar di atas Prapat, Kemudian kami meninggi lagi.
Kecil di bawah, di danau yang biru, berkeliaran sampan satu-satu. Sampan-sampan itu menghampiri pancang-pancang yang terpacak di danau tidak jauh ke tengah. Bagi yang sudah mengenal daerah itu tentu akan mengetahui bahwa sampan-sampan itu memeriksa itu memeriksa pancing-pancing apakah sudah mengena. Memang salah satu usaha sambilan penduduk Prapat ialah menangkap ikan. Ikan air tawar, ikan mas atau ikan mujair. Jika pandangan dilepas pula ke darat, kita akan melihat pohon-pohon tusam yang hijau, hutan lalang atau petak-petak sawah yang sudah ditanami atau yang belum. Pemandangan dari udara memang sangat indah dan alam senantiasa memberikan keindahannya itu, dan apakah alam itu akan dikagumi atau tidak keindahannya, tidak jadi soal baginya.

Contoh deskripsi teknis:
Peredaran makanan yang mengandung bahan kimia pewarna tekstil di Depok kini ada di 12 pasar tradisonal, tiga pusat kesehatan masyarakat, dan enam sekolah dasr.
Zat pewarna tekstil bukan bahan kimia untuk makanan. Jelas ini sangat membahayakan kesehatan. Rumaha mengatakan temuan makanan yang mengandung zat ini sesuai dengan hasil uji laboratorium sampel bahan makanan disejumlah tempat.
Adapun sampel makanan ini berasal dari 20 restoran, 20 tempat usaha kering, 20 industri rumah tangga, 30 pedagang keliling, 30 perkantoran dan puskesmas, 12 pasar tradisional, serta 60 SD.
 
 
    CONTOH PARAGRAF DESKRIPTIF: 
1.Gadis kecil itu. Ia terus memandangi lautan yang biru. Gulungan riak-riak kecil tak membuatnya bergeming. Hembusan hawa pantai nan panas, tak membuat matanya beralih dari laut. Air pantai terus menyapu lembut kulit kakinya. Deburan suara ombak mengisiki telinganya. Hari itu langit tak berawan. Ia terus memandangi laut. Lautyang semakin biru sampai ambang cakrawala.Ia memandangi nelayan yang tengahmenepi. Memandangi pulau kecil nan jauh di seberang sana. Ia benci laut!Gadis itu benci laut, karena di sanalah kedua orang tuanya meninggal.2.Siang itu aku sedang duduk santai di sofa empuk di dalam apotik milikku yang barusaja dibuka. Apotik ini adalah impianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. Sekarang akumemandang puas pada usahaku selama ini. Aku bisa mendirikan apotik di kotakelahiranku. Apotik ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapidengan kemasan-kemasan obat warna-warni yang disusun menurut khasiat obatnya.Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yang berisi buku-buku tebal. Kuambil satu buku yang disampulnya tertulis Informasi Spesialis Obat atau yang biasadisebut kalangan farmasi dengan buku ISO. Setelah ku pandangi aku tersenyum danmengembalikannya ke tempat semula. Aku memandang lagi secara keseluruhan apotik ini, sebuah televisi 14 inci dan sebuah computer di meja kasir. Hembusan angin dari ACcukup membuat udara terasa sejuk di bulan Mei yang panas ini.3.Kemudian mobil meluncur kembali, Nyonya Marta tampak bersandar lesu. Tangannyadibalut dan terikat ke leher. Mobil berhenti di depan rumah. Lalu bawahan suaminya beserta istri-istri mereka pada keluar rumah menyongsong. Tuan Hasan memapah istrinyayang sakit. Sementara bawahan Tuan Hasan saling berlomba menyambut kedatangan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar